Wednesday, April 6, 2016

TERJADI GEMPA BARUSAN DI GARUT

Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter mengguncang daerah selatan Jawa Barat, Rabu malam ini pada 21.45 WIB, dengan getaran juga dirasakan ke daerah-daerah sejauh ratusan kilometer dari pusat gempa, termasuk Jakarta.

Dari cuitan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMK), pusat gempa bumi ini berada sekitar 101 km arah barat daya Garut di Jawa Barat.

Pusat gempa ini berada pada 8,30 Lintang Selatan dan 107,32 Bujur Timur.

Sedangkan kedalaman gempa 10 km, kata BMKG dalam cuitan via Twitter-nya.

Getaran gempa yang berpusat di selatan Jawa Barat ini terasa sampai daerah-daerah yang jauhnya 200-an kilometer dari Garut, seperti dirasakan di Jakarta.dan di bandung 

BPBD Garut Kerahkan Tim Cek Dampak Gempa 6,1 SR
Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Jawa Barat mengerahkan personel melakukan pengecekan dampak gempa berkekuatan 6,1 skala richter (SR). Petugas BPBD dibantu personel keamanan melakukan pengecekan di sejumlah wilayah dekat pantai.
“Kami cek jalur selatan di bibir pantai di Kecamatan Cibalong, Cikelet, Pameungpeuk, Caringin, Mekarmukti,” kata Kasi Rekonstruksi BPBD Garut Dudi Iskandar kepada detikcom, Rabu (6/4/2016).
Hingga saat ini belum ada laporan mengenai ada tidaknya kerusakan rumah warga. Gempa memang terasa kuat di wilayah bibir pantai,
“Kami melibatkan Polsek, Koramil petugas kecamatan untuk cek di lapangan,” ujarnya

BMKG sebelumnya melansir gempa terjadi pukul 21.45 WIB dengan kedalaman 10 km. Lokasi gempa berada di 8.30 LS-107.32 BT.


video laporan gempa garut 6,1 SR



No comments: