Wednesday, March 16, 2016

KENAPA HP KAMU LEMOD INI JAWABANNYA

10+ Aplikasi Sosial Media yang Paling Boros RAM

 
13 March 2016
 
  Share  http://jlan.tk/t/9542
Ada beragam aplikasi sosial media dan instant messenger untuk smartphone, bahkan terus bertambah seiring waktu. Kamu tentu pernah menginstal berbagai macam layanan tersebut, mulai dari sekedar coba-coba hingga pada akhirnya benar-benar menggunakannya.
Untuk diketahui, semakin banyak menginstal aplikasi sosial media akan mempengaruhi kinerja dan daya tahan bateraismartphone. Pasalnya aplikasi tersebut akan selalu aktif berjalan di latar belakang, dan memakan RAM yang tidak sedikit.
Inilah 10+ Aplikasi Sosial Media dan Instant Messenger Paling Boros RAM
Karena itu kamu harus bijak. Untuk memilih beberapa yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan, sisanyauninstall saja. Berikut JalanTikus kasih daftar aplikasi sosial media atau chatting dari yang paling boros RAM hingga yang paling hemat.

1. Facebook dan Facebook Messenger

10-aplikasi-social-media-boros-ram-1
Facebook memang masih menjadi layanan sosial media paling terpopuler. Sayangnya aplikasi Facebook untuk Android tergolong rakus RAM. Ketika JalanTikus cek penggunaan memorinya, ternyata Facebook memakan RAM sebesar 239 MB. Sementara, Facebook Messenger mengambil 110 MB. Jika kamu install keduanya totalnya sekitar 349 MB.
Memang Facebook berupaya untuk memberikan pengalam yang terbaik, update baru untuk Messenger membuat aplikasi berjalan lebih cepat, antarmuka lebih bersih, dan semakin mudah dan nyaman digunakan. Tak masalah jika kamu memang masih sangat aktif menggunakan Facebook, tapi untuk yang sudah tidak terlalu aktif kamu bisa menggunakan Facebook Lite. Sangat ringan hanya memakan ruang sekitar 5 MB, dan kamu tetap dapat terhubung.

2. BBM (BlackBerry Messenger)

10-aplikasi-social-media-boros-ram-2
Sebelumnya layanan pesan BlackBerry sangat eksklusif untuk platform mereka, hingga akhirnya tahun lalu BBMsinggah ke platform Android dan iOS. Aplikasi ini memang sangat digemari oleh pengguna smartphone, hampir setiap orang menggunakannya. Meskipun BBM memakan memori cukup besar 176 MB, tidak masalah sih jika memang kamu aktif menggunakan aplikasi ini.

3. LINE

10-aplikasi-social-media-boros-ram-3
LINE memang semakin populer, karena didukung banyak sekali fitur baru. LINE sudah bisa melakukan panggilan video, dan membuat chatting semakin seru dengan pilihan stiker yang sangat banyak. LINE rajanya stiker deh, aplikasi ini memakan memori 129 MB.

4. WeChat

10-aplikasi-social-media-boros-ram-4
Jejaring sosial seperti Facebook dan Path sejatinya melarang kita untuk menambahkan kontak jika tidak mengenal secara pribadi. WeChat kebalikannya, kamu bisa mencari kenalan baru di sekitar lokasi tempat tinggal. Lalu ajaklah bertemu langsung, pas banget buat mencari teman kencan. Asyik sih tapi WeChat cukup mengambil banyak memori, sebesar 124 MB.

5. Skype

10-aplikasi-social-media-boros-ram-5
Skype adalah pelopor fitur video call, meskipun banyak aplikasi sosial media yang juga sudah mendukung panggilan video. Tapi Skype tetap salah satu yang terbaik. Karena sekarang milik Microsoft, kamu bisa langsung masuk menggunakan email Outlook. Aplikasi ini memakan memori 112 MB.
10-aplikasi-social-media-boros-ram-6

6. Path

Buat kamu yang protektif banget sama yang namanya privasiPath memang lebih aman digunakan. Pasalnya kamu bisa berbagi kegiatan hanya dengan teman-teman akrab kamu, setidaknya itulah teori dulunya. Ternyata Path memakan ruang sekitar 79 MB.

7. Google Hangouts dan Google+

10-aplikasi-social-media-boros-ram-7
Hangouts merupakan gabungan SMS dan aplikasi chatting. Kelebihannya Hangouts terintegrasi denganGoogle+, seperti Facebook dan Facebook Messenger. Kamu dapat menambah kenalan melalui Google+, laluchatting menggunakan Hangouts. Google+ memakan memori sekitar 70 MB, sedangkan Hangouts 68 MB.

8. KakaoTalk

10-aplikasi-social-media-boros-ram-8
Bisa dibilang KakaoTalk merupakan pesaing terdekat dari LINE. Aplikasi chatting ini mudah digunakan, namun punya banyak fitur. Salah satunya memungkin kamu untuk terhubung dengan akun selebriti atau suatu perusahaan. Meskipun sekarang ini gaungnya tidak begitu terdengar, namun ia sekarang memiliki Path. KakaoTalk membutuhkan ruang sekitar 66 MB.

9. Twitter

10-aplikasi-social-media-boros-ram-9
Aplikasi sosial media yang satu ini, kayaknya kini lebih sering digunakan untuk mencari informasi terhangat. Berbagi informasi yang bermanfaat gitu, dengan menggunakan kekuatan hashtagTwitter rupanya menghabiskan RAM sekitar 59 MB.

10. WhatsApp

10-aplikasi-social-media-boros-ram-10
Hampir semua pengguna smartphone menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chatting utama. Serius dah padahal WA tidak kaya akan fitur, tapi memang diakui sangat handal, sederhana, ringan, cepat dan mudah digunakan. Kontak berupa nomor telepon, sehingga kamu tidak perlu menambah kontak secara manual. Aplikasi ini juga sudah mendukung panggilan suara, dan tergolong hemat memori hanya memakan ruang 56 MB.

11. Instagram

10-aplikasi-social-media-boros-ram-11
Aplikasi berbagi foto yang sekarang milik Facebook ini ternyata makan RAM 40 MB saja. Saking asyiknya jangan sampai lupa bahwa Instagram cukup boros kuota, jadi JalanTikus sarankan sambungkan ke Opera Max.

12. Tinder

10-aplikasi-social-media-boros-ram-12
Aplikasi ini cocok banget buat kamu yang jomblo, dimana membantu kamu menemukan jodoh di sekitar kamu. Jangan dianggap terlalu serius aplikasi ini, just fun! Meskipun tidak menutup kemungkinan buat kamu menemukan pujaan hati, oh ya Tinder memakan RAM 39 MB.

13. Telegram

10-aplikasi-social-media-boros-ram-13
Telegram merupakan pesaing utama WhatsApp, yang mulai populer sebagai aplikasi chat alternatif karena kecepatan dan keamanannya. Pesan yang dikirim akan terenkripsi. Tampilannya memang tidak beda jauh dengan WhatsApp namun dengan warna biru yang lebih simpel. Nah Telegram ternyata lebih ringan dari WhatsApp, hanya memakan RAM 38 MB.
Catatan:
Besaran memori yang digunakan oleh aplikasi sosial media dan instant messenger di setiap smartphone akan berbeda-beda, semakin sering aplikasi digunakan maka penggunaan memori juga meningkat.
Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi sosial media dan instant messenger yang tak kalah seru digunakan. Tapi ya buat apa install banyak-banyak, hanya akan menghabiskan RAM dan baterai. Ujung-ujungnya smartphone lemot, jadi kamu harus pilih beberapa yang memang sesuai dengan selera, lingkungan, dan kebutuhan kamu. Jika daftar di atas ada yang kelewat, sisipkan di kolom komentar ya

No comments: