Tuesday, March 15, 2016

Resep dan Khasiat Jus 3 Warna




Ada sebuah cerita mengapa jus sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seorang laki-laki yang umurnya sudah tidak muda 68 sebut saja Bapak Ahmad. Menurut cerita, saat ia berusia 45 tahun, ada tiga jenis penyakit yang bersarang di tubuhnya. Setiap hari ia diwajibkan mengonsumsi berbagai obat agar penyakitnya tidak kambuh.
Selama 5 tahun, hidup Pak Ahmad sangat bergantung pada obat-obatan. Sampai akhirnya timbul kesadaran pada dirinya bahwa ia tak ingin bergantung pada obat. Ia kemudian beralih kepada jus buah dan jus sayuran.
Tiga bulan ia menterapi tubuhnya sendiri dengan mengonsumsi jus buah dan sayuran. Tentang khasiat buah dan sayuran, ia banyak mendapatkan informasi dari berbagai artikel.
Di bulan kelima, berat badannya turun beberapa kilo. Ajaib, setelah berkonsultasi tentang penyakitnya, dokternya mengurangi jumplah obat yang dikonsumsi oleh Pak Ahmad. Tiga tahun kemudian, Pak Ahmad dinyatakan sembuh dari berbagai penyakitnya.
Sekarang, kemana pun Pak Ahmad pergi di mobilnya terdapat cool box yang isinya jus buah dan jus sayuran kesukaannya. Pak Ahmad yakin kesembuhan penyakitnya berapa puluh tahun yang lalu berkat jus buah dan jus sayuran yang ia konsumsi setiap hari.
Berikut Sharing Di Sana akan berbagi resep membuat Jus 3 Warna
  • Jus Merah
Bahan-bahan :
3 buah tomat merah
½ buah bit (beet root)
1 buah paprika merah ukuran sedang
150 air matang
Cara membuat : Masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender selama kurang lebih 60 detik. Minum sebanyak 1 gelas (200 ml). Simpang sisanya dalam kulkas (dapat bertahan hingga 3 hari).
Kandungan gizinya , untuk setiap 200 ml mengandung 81 kkal
Jus merah berguna untuk mengatasi kegemukan yang diakibatkan karena kebanyakan makan. Kalium yang banyak terkandung dalam tomat dan buah bit berjhasiat untuk mendorong proses pengeluarn air dari dalam tubuh. Selain itu, kalium juga berfungsi untuk menekan nafsu makan.
Dan taukah Anda, unsur warna merah pada buah-buahan dan sayuran menandakan banyaknya likopin yang dikandungnya. Unsur ini berfungsi untuk mempercantik kulit dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam upaya anti anging, berkhasiat menghilangkan noda hitam pada wajah, dan mencegah kulit kusam.

  • Jus Hijau
Bahan-bahan :
2 buah paprika ukuran sedang
3 batang seledri ukuran besar
3 lembar lettuce
3 lembar selada
150 ml air matang
Cara Membuat : Seluruh bahan dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Masukkan seluruh bahan ke dalam blender, kecuali air. Bila bahan-bahan sulit diblender, masukkan sedikit demi sedikit. Masukkan air ke dalam blender. Blender selama 60 detik. Tuang jus ke dalam gelas. Sisanya simpan di dalam kulkas. Bahan yang disimpan di dalam kulkas ini mampu bertahan hingga 3 hari.
Tiap saji (200ml) mengandung 26 kkal.
Jus hijau ini merupakan perpaduan berbagai macam sayuran yang kaya akan kandungan serat tumbuhan. Seledri merupakan bahan makanan yang dapat bekerja sebagai antioksidan. Selain itu Jus hijau juga bekerja untuk mengatasi kegemukan yang diakibatkan ketidaklancaran metabolism tubuh serta dapat mencegah osteoporosis.

  • Jus Kuning
Bahan-bahan :
1 buah paprika kuning ukuran sedang
1 batang wortel ukuran sedang
1/6 buah labu kuning
10 gram jahe
150 ml air matang
Cara membuat : Kukus labu kuning hingga empuk. Selain dengan cara itu, labu kuning juga dapat direbus atau dimatangkan dengan menggunakan microwave. Kupas kulit jahe. Masukkan seluruh bahan ke dalam blender, sebelumnya dipotong-potong dahulu. Blender selama 60 detik. Tuang ke dalam gelas. Sisanya simpan di dalam kulkas, dapat bertahan hingga 3 hari.
Takaran tiap saji (200 ml) mengandung 115 kkal.
Jus dengan labu kuning sebagai bahan dasar utama ini banyak mengandung vitamin B1 yang sangat berkhasiat dalam proses metabolisme zat gula. Wortel dan jahe selain dapat menghangatkan tubuh juga dapat mendorong pembakaran lemak. Selain itu jus kuning juga berkhasiat untuk menajamkan penglihatan.
Resep tersebut apabila Anda ganti dengan buah atau sayuran lainnya atau Anda kurangi karena sulitnya mencari salah satu bahan, tidak masalah. Memang khasiatnya akan sedikit berbeda terutama kandungannya, akan tetapi ini tidak berarti jus tersebut tidak berkhasiat sama sekali.  Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai bau sayuran, Anda bisa menambahkan jus apel 100% dengan perbandingan 1:1 atau jus pisang. Rasa manis yang didapat adalah berasal dari pisang dan apel tersebut, yang merupakan manis alami dari buah.
Dan sedikit tips, semua bahan-bahan tersebut sebelum diblender harus dicuci bersih. Apabila berupa bahan mentah (sayuran) yang tanpa dikupas kulitnya, lebih baik dicuci bersih dengan sabun cuci untuk mencuci buah-buahan dan sayuran. Hal ini menghindari pestisida atau hewan-hewan kecil yang sembunyi dalam sayuran (lintah, cacing dll). Dan setelah dicuci bersih, usahakan bahan yang mentah tersebut dibilas kembali dengan air hangat atau panas, maksudnya agar mengurangi virus toksoplasma.
Sudahkah Anda membuat jus hari ini? saya sudah, selamat mencoba

No comments: